Páginas

Kamis, 27 Januari 2011

Mondrian Layout for Advertising

Ini adalah postingan yang sedikit serius, jadi jika kalian mengharapkan lawakan disini, yah.. Nothing! (kalo kurang interest, langsung miki' saja klik tombol X pada jendela web anda di sebelah kanan atas) Sekali-sekali Kehidupan Alstrojo bahas yang agak seriusan lah (dan semoga anak periklanan atau anak komunikasi bisa senang membacanya). Oiya, saya mungkin adalah orang yang senang sekali dengan dunia advertising! Yap, baik advertising cetak maupun yang visual.


Makanya, banyak orang yang kalo misalnya nonton acara di TV pas bagian iklan, dia ganti channel, saya kayaknya tidak.. Saya akan tetap stay tune untuk melihat parade iklan di TV. Mempelajari setiap iklan, kata, scene dkk. Begitu juga dengan iklan cetak, saya suka sekali liat iklan di koran. Baik iklan lowongan kerja, iklan yang pure mempromosikan suatu merk dagang, dkk.  Pokoknya saya interest banget sama dunia periklanan lah. Sayang, di kampus saya tidak ada prodi advertising, hiks! Yang ada cuma public relation sama Jurnalistik! HUHUHUHU :((

Oke sudah intro curhatnya Alpidah! Sip, yang akan saya bahas disini adalah tentang Mondrian Layout pada Iklan Cetak! Oio, tulisan ini berdasarkan beberapa sumber dan buku-buku yang bisa dijadikan bahan referensi tulisan. Selamat Membaca!

lukisan Piet Mondrian
Mondrian Layout sendiri mengacu pada lukisan seorang pelukis asal Belanda bernama Piet Mondrian, yang isinya kebanyakan kotak-kotak (Wah! Seandainya saya yang jadi Om Mondrian, pasti saya sudah terkenal, wong cuma gambar kotak2 ji langsung famous, ckckckck!)

Pada Mondrian Layout masing-masing bidangnya sejajar dengan bidang penyajian dan memuat gambar copy yang saling berpadu sehingga membentuk sebuah komposisi yang konseptual. Dan ini dia beberapa contoh pengaplikasian dari gambar Piet Mondrian dalam bentuk sebuah iklan cetak (poster, pamflet, dkk)

iklan VISA
Poster Iklan Film HEIST yang menggunakan Mondrian Layout
Penggunaan Layout Mondrian ini banyak memberi ilham kepada para desainer iklan dunia. Layout Mondrian banyak dipilih bukan saja untuk iklan, melainkan tata letak media cetak lainnya. Komposisi kotak-kotak yang sugestif sekali, sehingga tatanan elemen grafis yang menempati masing-masing kotak seolah-olah mendapat tempat yang tepat.

Yah, jadi menurut saya.. Mondrian Layout ini adalah Layout yang paling TIDAK ADA MATINYA, why? karena elemen-elemen dari iklan yang ingin kita masukkan bisa masuk ke dalam kotak-kotak, tapi itumi harus diperhatikanki juga komposisinya, warna, keseimbangan, dan lainnya! 

Jadi buat kalian yang sementara ingin bikin poster dan sedang STUCK! Mau model poster seperti apa? Jangan ragu, gunakan saja Mondrian Layout, karena layout ini menurut saya adalah layout yang "sepanjang masa". Terima Kasih buat Piet Mondrian yang karena idenya yang brilian sehingga mampu mengilhami para desainer iklan! 

Oke, sekian dulu tulisan saya hari ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan Wassalam :)

3 komentar:

bizwud mengatakan...

harusnya situ masuk DKV mbak...

Alvidha Septianingrum mengatakan...

io bela.. salah jurusan ka.. huhuhu.. mauka pindah kuliah, tapi tuama' -_-"

wrongman mengatakan...

http://kosmik.web.id/ilmu-komunikasi/jenis-lay-out-iklan-cetak/