Selasa, 19 Juli 2016

Simple Things That Makes Me Happy!

Now Playing: Zedd - Addicted To A Memory 

Halo! Assalamualaikum! Apa kabar?
Alhamdulillah lagi ada waktu luang di kantor, jadi saya menyempatkan diri untuk menulis kata per kata di blog yang ujung kiri kanannya udah dipenuhi debu-debu saking jarangnya diisi, hix hix maapin mwah!

Sekarang kan lagi jaman vlogging yah? Video blogging, jadi mereka menceritakan keseharian mereka lewat video, tapi menurut saya MENULIS TETAP JUARA! Ya saya tidak begitu tertarik dengan vlog sih karena selain muka tidak videogenic (?), kayanya aneh aja selfie sambil ngevideo mulai dari bangun tidur sampe mau tidur lagi wahahaha, kalo seandainya saya masih kuliahan mungkin asik kaliye.. Lah ini sudah kerja, bisa-bisa saya ditabok sama SPV karena ngevlog wekekeke.

Jadi hari ini lagi mau menulis tentang "Simple Things That Makes Me Happy!". *kemudian diam *suara jangkrik *termenung *mikir *ambil napas *hokeeehh lanjoot maaang~

Sebenarnya judul ini saya ambil karena melihat keadaan sekitar saya lagi pada suram. Mereka lebih sering mengeluh ketimbang bahagia, ya saya gak mau sok-sok tegar juga karena ada masa dimana saya juga mengalami kesedihan sampai ngegloomy di kamar selimutan kaya mayat. Tapi apa ya? Kebahagiaan itu ada dalam diri sendiri, kita yang cari, kamu tidak bisa menanyakan ke orang "apa yah yang bisa buat saya bahagia?". The answer is on your hand, guys!



Maka dari itu mari saya share ke kamu apa saja sih yang bisa membuat seorang Alvidha bahagia, karena dari beberapa orang terdekat sering bilang kalo saya ini bocah yang tidak ada sedih-sedihnya. Ah, tidak juga sih cuma pintar nyembunyiin saja (?). But I focus to myself to not fall into deep to something that make me sad, so I create myself to always happy and smile anytime, yeay!


DUNIA LUAR

Keluar dari kamar dan berinteraksi dengan orang-orang
taken by: Alstrojo | Pameran di Galeri Nasional Jakarta
Honestly, saya adalah orang yang Pajokka (arti: suka jalan - bahasa Makassar). Saya suka bertemu dengan orang-orang baik itu teman, ataupun orang yang kenal di jalan dan jujur itu bisa membuat mood saya baik dan bisa sumringah seharian. Tidur di kamar memang nyaman, tapi lama-lama gerah juga kalo di kamar seperti tidak ada kehidupan dan jadinya makin gloomy (tapi ini beda jika kamu orangnya introvert bisa jadi kamar adalah surga kecil hehe). Bagi saya, menyapa orang di jalan atau sekedar ngobrol sederhana dengan teman di sebelah kamar itu sangat bermanfaat bagi jiwa saya.

Tapi go outside bagi saya tidak harus ditemani orang lain, sendiri pun juga hajar saja. Saya sangat senang berjalan-jalan sendiri, seperti ke museum sendirian, ke mall, ke toko buku. Yah namanya juga manusia normal, kadang butuh me time. Tapi kalo memang butuh teman banget, ya saya pasti akan menghubungi kerabat saya untuk bertemu.

LARI

gayaan dulu sebelum lari | at GBK
Yang kenal Alvidha secara mendalam (saelah) pasti tau banget kalo Alvidha hobbynya lari. HAHAHA! Sampe  bapak kosan sudah hapal kalo tiap Sabtu pagi saya menyempatkan diri lari dari Mampang sampai Pancoran dan beberapa teman sudah tau jadwal lari saya sepulang kantor di GBK jadi tidak bakal ngajak jalan pada hari itu hehehe. Di Makassar pun saya juga anak lari banget, suka lari di Taman Macan, Lapangan Hertasning serta Karebosi.

Apa ya, saya merasa lari itu membuat saya bahagia. I feel happy when sweat fall down from my head to my face. Rasanya seperti seluruh dosa makan sembarangan luntur akibat lari wehehehe. Dengan lari, seenggaknya mood saya lebih stabil, badan lebih enteng dan feel more sexy aja sih *kedip-kedip genit. Penelitian juga mengungkapkan (Journal of Psychology) Olahraga bisa membuat kita jauh lebih bahagia walaupun tidak ada perubahan tubuh yang signifikan (gagal kurus misal :p) mungkin karena pada saat olahraga hormon Endorpin lepas, jadi kita jauh lebih sumringah.

FAST WALK WITH HIM

Yayang Aa' tampak belakang - candid - leh uga yah?
Tidak usah dijelaskan lagi yah, yang namanya kalo jalan sama satu orang kesayangan mah pasti bawaannya berbunga-bunga bahagia. Jalan sama Aa' itu sungguh menyehatkan dan menyenangkan karena dia itu jalannya cepat, heran. Padahal dulu saya dijuluki orang paling tercepat jalannya, eh ada yang lombain ternyata zzz.

Terus jalan sama dia itu enak sih, fokus. Tidak singgah kesana kemari. Kalo emang ada tempat yang mau dituju langsung jalan cepat kesana. Ada sensasi mau mengejar karena seriusan jalannya cepat kayak cheetah, nah sensasi-sensasi ngejarnya itu yang bikin senyum-senyum sendiri *padahal kalo cewek lain mungkin sudah cemberut kaliya karena jalan ditinggal sama pacar. Tapi yahhh namanya juga jalan sama pacar mau cepat, mau lambat yah pasti bawaannya tetap happy mehehehe :p

SLEEP WELL

Alvidha ketiduran pas nunggu Naif
ini waktu jaman skripsian, difoto sama Titah
Kata Paulo Coelho, orang yang paling sukses adalah orang yang damai dalam tidurnya alias tidur nyenyak. YEASH! Kalo ada yang bilang tidur bisa memperbaiki mood, itu sangat benar! Ada efek yang menyenangkan ketika kamu tidur cukup, bangun dengan perasaan bahagia. Beda banget kalo tidur cuma 3-4 jam pasti seharian muka bakal nekuk hahaha. Makanya tidur nyenyak saya masukkan ke dalam simple things that can make me happy. Apalagi kalo tidur sambil selimutan dan gulingan, wuaaahh bisa-bisa lupa bangun *lah?

READING BOOKS

Waktu lagi di Setiabudi One, duduk makan roti sambil baca buku
Entah itu satu sampai 5 halaman, at least sebelum tidur pasti saya membaca terlebih dahulu. Mau itu baca buku baru ataupun buku lama. Membaca bisa mengalihkan mood saya dari yang tadinya sedih menjadi jauh lebih happy dan diakhiri dengan mengantuk dan tidur deh. Buku sungguh memberi banyak inspirasi dan pengetahuan baru bagi saya. Buku apapun itu. Bagi saya membaca buku adalah apresiasi atas pemikiran orang lain.

Setuju atau tidak, suka atau tidak dengan isi buku tersebut, at least dengan membaca buku yang merupakan karya cipta seseorang itu menunjukkan bahwa kita appreciate dengan diri mereka serta menganggap pemikiran mereka itu ada. Dan dengan membaca kita jauh lebih excited dengan pemikiran orang lain yang bisa saja membawa inspirasi tentang apa yang akan kita lakukan ke depan.

FEELING GRATITUDE AND SMILE


Dengan bersyukur, saya selalu merasa bahagia. Bersyukur dengan nafas yang diberi Tuhan hari ini, bersyukur atas keluarga lucu yang hadir dalam hidup ini, bersyukur atas makanan enak yang masuk ke dalam perut, bersyukur atas jumlah gaji yang masuk ke dalam rekening tiap bulannya. Actually those are make me happy so much.

Apa yah bersyukur itu obat kesedihan bagi saya sih soalnya hehehe. Apalagi kalo habis liat atau merasakan yang indah-indah pasti langsung feeling gratitude karena diberi kesempatan oleh takdir untuk bisa melihat sesuatu yang indah. Bersyukur atas masalah yang terjadi juga bisa membuat kamu bisa lebih tenang dan bisa menyelesaikan masalah tersebut. Jangan lupa bersyukur setiap pagi, siang dan malam sebelum kamu tidur. Itu yang selalu saya lakukan tiap hari whenever life try to knocks me down hahaha.

Kebahagiaan diri itu cuma diri kita yang bisa rasakan. Coba keluar dan cari apa hal sederhana yang bisa membuat kamu bahagia. Makan mie ayam gerobakan kek, mandi-mandi hujan, jalan kaki, do whatever that makes you happy and stay closer to that and make your life more meaningful.

Keep happy as always!

Wassalam

Selasa, 12 Juli 2016

Pulang Kampung


"Merantaulah... Agar kamu tahu rasanya rindu 
dan kemana harus pulang"


Kapan lagi nemu view adem seperti ini di Jakarta? Ada sih cuma jauh :(
kalo tempat ini dari rumah, naik motor sat sett sampe dah!
Location: Popsa - Makassar

Alhamdulillah Lebaran Idul Fitri kemarin saya diberi kesempatan untuk pulang ke kampung halaman, karena kalo kata Cak Lontong "Mudik yang paling penting itu punya kampung halaman" hahahaha. Tanggal 30 Juni kemarin saya pulang ke Makassar - tempat dimana saya bertumbuh dan berkembang selama 20 tahunan.

Feeling happy? Of course lah. Setelah menahan hampir setahun rasa rindu di dada dan kepala dengan kasur di rumah akhirnya terwujud juga. Pulang ke rumah bertemu keluarga kecil dan pastinya teman-teman yang sukses menjadi aktor tambahan di sinetron kehidupan saya disana, uhuy! Ditambah kangen juga dengan beberapa kuliner disana.

Setelah bertemu banyak drama ibukota, pulang kampung merupakan obat dengan khasiat yang mampu meredakan gejala drama-dramaan tersebut. Tidur di kasur sendiri sambil guling-guling manja, mandi ceria di kamar mandi belakang, nonton tipi sambil selonjoran di ruang tengah, nyapu halaman, keliling kota naik motor dan tak lupa bersenda gurau bersama keluarga dan kerabat akrab.

Makassar adalah tempat merenung favorit saya. Dulu saya sering merenungi nasib (apadaaah~) di depan Pantai sambil ditemani sinar mentari yang mau tenggelam dan bau-bau air asin.

Pantainya lagi kalem
duduk ditemani lagu-lagunya Abenk Alter pas banget

Spot favorit merenung sejak 2008 Hahahaha
Yaaa', yang di atas itu spot favorit saya ketika merenung, karena belum banyak di'ganggu' bentuknya. Maklum Pantai Losari yang dulu bedaaaaa sekali dengan yang sekarang (sekarang bentuknya terlalu kekinian). Dan di pojok ini favorit saya karena adem aja, bisa merasakan air pantai yang muncrat ke kaki. Dulu kalo galau, langsung starter motor dan lari kesini, kalo motor lagi dipake nekat naik Pete-pete (angkot) biar bisa duduk disini sambil makan kacang rebus dan merenungi nasib yang kemungkinan waktu itu sedang buruk. Untung dulu tidak ada niatan buat loncat wahahaha (toh kalo loncat juga masih bisa selamat si zzz)

Tak lupa mencari makanan favorit saya yaitu MIE!

Mie Pangsit yang akan selalu kurindukan
Bedanya mie ayam di Jawa dan Sulawesi adalah di Sulawesi kuahnya bening dan bumbunya simple, terus ayamnya gak dikecapin. Iya, saya kan Jawa palsu jadi kurang begitu suka dengan makanan yang terlalu berkecap, sukanya yang asin pedas (yah efek lama tinggal di Sulawesi yess). Dan inilah salah satu makanan yang kurindukan selain Pallu Mara buatan Mama. Saya kurang interest dengan Coto, Pallubasa dan lainnya hehehe makanya kemarin gak mengunjungi kuliner tersebut.

Tak lupa mengunjungi beberapa tempat kekinian....

HAYO TEBAK DIMANA? (1)
Sultan Hasanuddin's Behind Me!! HAYO TEBAK DIMANA? (2)

Dan juga mengunjungi tempat kemasa-laluan...

Serius amat Mbak? Senyum dikit napa?
At Fort Rotterdam
Menjadi turis di kampung halaman sendiri sungguh menyenangkan. Berjalan mengelilingi kampung halaman dan menemukan secercah kenangan di masa lalu yang pernah dirangkai di sudut jalan (etaang bahasanya *efek habis baca Paulo Coelho tadi pagi). Kadang ketika melewati salah satu ruas jalan saya senyum-senyum sendiri di atas motor, atau bahkan sedih seketika. Contoh: saya ke Mall Panakkukang dan saya tiba-tiba sedih keingat almarhum nenek pernah takut naik eskalator, pada masa itu memang lucu tapi ketika menjadi diingat lagi malah jadi sedih. Kenangan akan membuat kita sedih ketika yang dikenang sudah tidak ada lagi disisi. Al-Fatihah buat Nenek Inna dan Tetta Nene' (ortunya Mamah).

Oiya, saya ingin mengucapkan Selamat Lebaran. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Maafkan Alstrojo kalo jarang ngepost maklum jam terbang (di kasur) belakangan ini cukup tinggi. Kadang postingan sebatas singgah di draft saja hahahaha.

I'm a happy daughter and sister because I have them
They are the reason why I collect money to buy ticket to hometown
Alhamdulillah
Adalah sebuah kebanggaan tersendiri ketika pulang ke rumah dan melihat anggota keluargamu tersenyum karena kepulanganmu, disitulah kamu merasa hidupmu itu punya arti, iya karena kamu penting bagi mereka.

Wassalam :)