Jumat, 01 Juli 2011

Study Tour 2011

Now playing: Crystal Ball by Keane.. hah.. long time no listening to this song.. let's sing together "Oh crystal ball.. crystal ball.. save us.. all tell me life is beautiful.." HIDUP BRITPOP!!

Malam itu tanggal 24 Juni 2011, di Restoran Pelangi di jalan Wahid Hasyim (dak tau Jakarta bagian mana.. anu, saya hapal jalanannya karena depannya itu restoran ada Seven Eleven yang jual puding mangga enak sekali.. sesuatu yang berkesan dan nancep di hati saya akan selalu saya ingat *PRETTTT!!) 



Ngapain di Restoran Pelangi, Alvidha? Makan pelangi yah? AH TIDAK! Kita makan masakan Makassar disana, yepp.. hampir 2 minggu tinggal di pulau seberang membuat saya kangen masakan rumah.. Pas liat pallu' mara.. langsung mentong ka senter2 dari kejauhan "aih tunggu mako kau.. saya sikat mako sebentar.. nyak nyak!" . Lalu saya makan dengan brutal tapi sopan (eh?). Intinya saya makan karena saya lapar dan kangen rumah saat itu. Ngihihihi.

Setelah makan, ada pembukaan dari Bang Ecip (Ketua Keluarga Komunikasi Unhas di Jakarta), terus perkenalan dari teman2 rombongan dan senior-senior, dan sedikit ceramah dari BG alias Bang Gegen -senior saya juga-, mantan ketua KKU di Jakarta *buat yang hobi travel buka mi saja blognya beliau, banyak tempat menarik di dalam*, and then tiba saatnya satu yang sedikit mendebarkan.. Yaitu pesan dan kesan dari yang ikut studi tur. Oke! Dan saya kebelet. Tempat curhat saya itu hari adalah Titah, betapa simpatinya dia saat mengetahui saya mau pipis. Zzzz. zzz

Kesan pesan pertama itu disampaikan oleh Mymy yang memang doyan ngomong dan memang ngomongnya juga ciamik, men! Terus yang kedua lanjut Alien (ketua rombongan), terus lanjut Widy Aci'.. and then kosong.. KRIK! Tiba2 Bang Ecip "coba Mbak deh yang naik!" (saya dipanggil Mbak *karena memang saya dipanggil Mbak di kehidupan sehari-hari*), terus Bang Gegen ikut2an.. Matima' saya! Yah.. saya memang susah ngomong di depan umum makanya saya lebih pilih mati 5 menit daripada ngomong 3 detik di khalayak (sebenarnya nda pantas memang masuk Komunikasi, zzz). OKE ARISAN NAIK!

Yasudah saya naik, dan mau sekali pipis! Titah dari kejauhan cuma ketawa-ketiwi dak jelas, kampretos! Terus saya tanya Widy "We apa dibilang ini.." terus Widy bilang "sembarang mo.." Oke, dengan gagap saya ngomong..

"Assalamualaikum Wr.Wb.. Terima kasih atas kesempatannya.. Sebenarnya saya tidak tau mau ngomong apa disini (orang semua ketawa. Hiks! Dunia memang kejam). Kesan pesan studi tur ini? Saya senang karena bisa mengunjungi blablablablabla (lupaka' apa saya bilang itu hari) dan saya senang bisa bertemu senior-senior saya yang luar biasa di tempat ini. (oke.. siap2 untuk bagian klimaks) BERHUBUNG SAYA KURANG BISA NGOMONG, ADA BAIKNYA KALO MENDING BACA SAJA BLOG SAYA.. NANTI SAYA TULIS KESAN2 SAYA TENTANG STUDI TUR ITU DI BLOG. TERIMA KASIH (oke.. khalayak makin riuh gemuruh, pipis sudah diujung tanduk), sekian. Wassalam

Berhubung pintu WC tepat di bagian belakang saya berdiri, setelah ngomong ngalur ngidul dak jelas depan senior dan teman2, saya langsung cabut ke WC, oke.. Terdengar suara tertawa kencang. Tapi cuek, yang jelas saya mau pipis. HAHAHA. Yah.. saya memang grogian depan umum, dan beruntung saya nda pipis celana diatas. Kalo pipis celana, bisa-bisa saya turun harga. 

Dari pengalaman diatas, saya menyimpulkan bahwa di semester 5 ini saya SERIUS mengambil JURNALISTIK (karena keterbatasan bakat dalam berbicara depan umum *dak cocok masuk Public relations*, saya bisanya cerewet di tulisan!) dan menyimpulkan bahwa dunia memang penuh misteri serta lokasi WC sangatlah strategis. (apa deh?), oiya karena adegan diatas saya berniat untuk mendaptarkan diri di agency artis-artis komedi.. Soalnya baruki naik panggung, ketawa mi orang, zzzz..

foto bareng KKU di malam itu (24/06/2011) di Restoran Pelangi dalam rangka farewell party..
minus Putera karena dia yg jadi JURU FOTO :p
LANJUTS! NAH, maka dari itulah saya membuat postingan ini pemirsa! (Yah.. Intro yang lumayan panjang!), yah.. takut besok ada yang tagih utang postingan tentang ini.. Makanya saya buat, hehehe! Sekalian ungkapan perasaan sedalem2nya buat Study Tour ini.

CERITA STUDY TOUR 2011 (kesan2 juga)
(16 JUNI - 30 JUNI 2011, MAKASSAR - D.I YOGYAKARTA - JAKARTA)

Apa yah? Aduh kenapa ikut2an gagap di tulisan ini? Oke, saat mendengar bakal adanya studi tur, saya langsung excited dan membujuk Papah saya buat diijinkan ikut studi tur. Terus Papah oke-oke saja! Dan saya langsung setuju dan ikut, ye ye ye! (karena studi tur sekalian liburan toh? Hahahay). 

Tapi sempat ciut juga pas tau yang ikutan studi tur itu cuma 14 orang (13 cewe' dan 1 ORANG COWOK!!) tambah 1 orang dosen pembimbing (Pak Alem Febri Sonni, kita2 manggil beliau "Bang Soni"), jadi total 15 orang. GILA! SEDIKI'NYA!!! Dulu waktu saya SMP studi tur itu banyak2 orang sekitar 60an (beda anu.. anak SMP sama anak kuliah, nassami!), tapi oke.. saya ikut mi pale'.. 

Yang bikin sakit hati, sahabat saya Meike Karolus nda pergi, sempat dendam juga sama dia karena dia lebih terpukau dengan studi tur 3 negara dan sempat merencanakan untuk tidak membelikan dia oleh2, tapi karena sudah terlanjur sayang makanya saya belikan dia oleh2 yaitu kain pel.

Dan saya pun pergi dengan sebuah lagu. Banyak hambatan di keberangkatan kita. Banyak tunda-tundanya. Mulai dari tiket pesawat yang ternyata nda adami langsung ke Jogja (ke Surabaya ji ada), dan delay sampai 7 jam (bayangkan saja ada 14 mahasiswa yang sudah gila kayak babon kesurupan di ruang tunggu Bandara). Sampe saya mikir "DOSA APA INI KASIANGG?" dan sepertinya orang2 studi tur ini butuh buang sial dan kasih sesajen di danau Unhas. Sepertinya...

Sampai di Jogja.. lumayan asik, bahasa yang mudah saya mengerti (iyo.. Papah orang Jawa, jadi menger2 ja sediki' apa nabilang mahluk2 disana) . Satu kata buat JOGJA, sangat COZY.. Yah, saya berniat akan menghabiskan masa depan saya disana. Amin! Di Jogja kita ke Borobudur, Parang Tritis, makan di Ruminten bersama KKU Jogja, UIN Jogja, dan belanja2 sedikit di Malioboro.

foto bareng teman2 di PARANG TRITIS
alhamdulillah nda ada teman saya yang pake baju hijau..
muka'ku sedikit BETE karena banyak pasir masuk di sepatuku
Habis dari Jogja, lanjut Jakarta.. Naik kereta api. 12 jam (semi gila ma' disini.. ternyata naik kereta itu lama, yaiyyalah)]

Di Jakarta saya mendapatkan banyak ilmu karena berkunjung ke tempat2 yang ciamik, yahut tralala trilili lah. Mulai dari Istana Negara (pergi tur keliling disana, dan sekarang baru tau kalo Ibu Ani Yudhoyono doyan fotografi), terus Dyandra Community, Gramedia-Kompas (akhirnya ketemu Mbak Chandra! ngefans sejak SMP gara2 dulu suka baca Kawanku!), KPI, Menpora, ASIA PR, Tv One, BBDO. Terus buat have fun-nya kita ke Dufan dan sempat ke Pekan Raya Jakarta.

TAPI, itu tidak bermakna tanpa kehadiran teman-teman rombongan saya *mau menangis pas tulis ini*. Berbagai macam karakter yang saya temui di 13 orang itu tambah dosen yang gaul dan tiiiiittt (dak mau banyak komentar ah ttg dosen, takut dapat C, wahahaha. peace Bang Soni!). Selama hampir 2 minggu saya bersama mereka. Satu bisa bareng2, dongo2 bareng2, dimarahi sama dosen bareng2, pokoknya semua bareng2 (kecuali masuk WC)

Ada yang gila, ada yang sensian, ada yang ribut sekali, ada yang bacrit, ada yang pendiam, ada yang grogian, ada yang santai, ededeh.. ADA SEMUA RUPA-RUPA MANUSIA BISA DILIHAT DISINI. Kadang saya kesal juga. APALAGI, kalo datangmi rombongannya Amel ma' garumbang di kamar mau pinjam laptopnya Titah pas saya lagi tidur, IH.. mau sekali ka raca'2ki.. karena ribut sekali (jiahahaa, peace Amel! *karena ngamukka kalo tidur terus ribut, heheuu). Tambah suaranya Mymy yang tingginya melebihi standar not balok, membuat saya hampir geger otak tiap malam. Kita juga kadang dimarahi dengan penghuni kamar lain karena ribut. AHHAHAA :p

Tapi, tanpa mereka saya mungkin terasa hambar. Terbukti, saat 4 hari free, seperti ada yang kurang karena sebagian mereka sudah menyebar. Ada yang ke Bandung, Tangerang dan tetap stay di Jakarta. Waktu itu saya jalan ke Mangga Dua sendirian (KLIK DISINI kalo mau baca) dan naik busway sendirian juga.. Dan melewati jalan2 yang pernah saya lalui bersama teman2 saya di dalam Bus Menpora selama seminggu, jujur saya mau nangis ingat mereka. IHIKK!

Yah seperti itulah cerita saya saat Studi Tur (sori kalo panjang, hahaha!). Untuk menghargai perjuangan teman-teman saya, maka saya akan memberikan mereka award untuk Studi Tur ini.. Selamat yah!! HAHAHA :p

*terSTRESS: Alien Chairina Husni *karena dia ketua. Stres mengurus 13 mahasiswa yang ributnya hampir sama dengan monyet ngamuk di kebun binatang.
*terSANTAI: Ratnasari Mas'ud *yah.. teman kamar saya yang paling santai, selow selow kayak di pulow.. santai kayak dipantai.. asikeee! Oiya, Widya Triayuastuti juga masuk dalam kategori ini. Selamat! *biasanya dia ter-CINA!
*terDATABASE: Rezki Amelia *paling sibuk mengurusi memori card dari seluruh kamera.. semua foto dari kamera dia punya lho! ckckck.. cocok memang dia kerja di bagian database. HAHAHA :p

*terSYAHRINI: Wahyuni *entah mengapa anak2 memanggilnya Syahrini.
*terPANIK: Marcelia *hobinya panik, panik.. dengan logat Torajanya dia mengungkapkan kepanikannya.
*terSAYANG: Inna' dan Sayed Putera *saya amat sangat sayang dengan kedua orang ini. HAHAHAAH! Mungkin karena kalo di bus doyan duduk bareng di kursi belakang.
*ter-RIBUT: Nurmihailoa alias Mymy.. yah.. no comment! Intinya sangat ribut. Dan dia kayak Mama'ku di studi tur ini.. HAHAH :p

*terTIDUR TERUSSS: Titah Ayu.. hobi Tidur, telat bangun dan telat mandi.. karena keterlambatannya dia suka sarapan di bus. Ckckckck!
*terMANJA: Chairunnisa alias Uni'.. bukan manja apa.. tapi kalo ngomong manjaki.. baru ribut juga.. hahahaha! tapi lucu2 ki.. suka patotoai.. kalo kita sudah macam2, langsung keluar jurusnya "ih.. itu' kita'..." (dengan suara manja2)
*terKALEM: selalu Rina Noviana.. *tapi kalo sudah malam keluar aslinya :p
*terCANTIK: Rahmadayanti alias Dayan, keluarki aura cantiknya pas studi tur, serius!
*terGANTENG: Putera dan Bang Soni.. karena 2 ji laki2 di rombongan -__-"

Berhubung saya penulis, maka saya nda mau masuk dalam kategori. Biarlah mereka yang menilai saya (mencari alasan). 

kunjungan ke ASIA PR
kunjungan ke TV One

kunjungan pas ke Istana Negara
pakai dress membuat saya terlihat seperti banci -_-
PAS NAIK HYSTERIA DI DUFAN
cuma 3 orang yang berani ikutan, saya.. Uni dan Alien
Liatko UNI.. sempat2nya senyum.. orang sudah mau mati diatas
dia masih bisa bergaya -__-"
Masih banyak sebenarnya foto2, cuma yang bgini2 ji yang ada di laptop ku.. sisa2 foto ada di Amel (anu toh.. ahli database!)

Intinya *sekaligus akhir dari postingan ini* saya mengucapkan banyak2 terima kasih ke Gusti Allah buat perlindungan-Mu di pulau seberang, kakak-kakak senior dari Keluarga Komunikasi Unhas di Jogja dan Jakarta sudah banyak membantu, Bang Soni yang sudah mau menemani 14 bocah ini, lembaga2 dan perusahaan2 yang sudah mau menerima kami untuk dikunjungi, and last and of course not the least.. TEMAN-TEMAN ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2009 (CURE 09), baik yang ikut studi tur maupun yang tidak ikut studi tur. AKU SAYANG KALIAN. Muuach! Thanks buat doa2 dan dukungannya.

Oke, terima kasih sudah membaca postingan yang agak panjang ini. Mohon dimaafkan kalo ada salah2 kata *biasa.. penulis pemula ji kodong. Tetap semangat dan tetap makan2. Sekian dan Wassalam.

Cheers

Alvidha. S, biasa dipanggil "Pyonk"
(Angkatan 2009)

1 komentar:

uban_zone mengatakan...

ketua KKU bukan bang ecip. tapi bang chepy.hahaha