Selasa, 16 Juli 2013

Ramadhan kali ini...


Nowplaying: The Beatles - Strawberry Fields Forever

Assalamualaikum Wr.Wb
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua wahai kamu yang lagi stalking blog saya ini.
Sekarang sudah puasa ke 7 (ke-8 untuk muhammadiyah, dan ke-9 untuk an-nadzir). Barakallah! Dan puasa tahun ini adalah puasa yang cukup berbeda di tahun-tahun biasanya. Sangat berbeda. Tiba-tiba memori itu muncul kembali *backsound lagu Endless Love *dan ta'putar ki kenangan seolah-olah film hitam putih.

Saya masih ingat Ramadhan beberapa tahun lalu, saya mengenakan pakaian hitam putih, menahan lapar dan haus di kala Basic Study Skill, yap itu barang wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru di Unhas, acaranya seminggu mulai dari pagi sampe sore. Jaman itu godaan begitu kencang dan membara, mengapa? Saat itu saya masih labil-labilnya, jadi kalo lihat teman buka cokko (buka sembunyi2) saya juga ikutan. HAHAHAHA. Ya Allah ampuni hamba Ya Allah, hamba saat itu masih belum tau mana yang baik dan buruk.

Tahun lalu, ramadhan juga cukup berbeda. Kali ini ramadhan-nya bukan di kampus, melainkan di posko KKN di Desa Cipotakari, kecamatan Panca Rijang, kabupaten Sidrap. Disini puasa lebih menantang, karena sambil puasa kita juga mengerjakan program kerja seperti kelas menulis, kelas belajar membaca untuk lansia, membuat batas dusun dll. Puasanya juga begitu lain karena saya hidup serumah bersama orang-orang baru selama hampir 2 bulan, orang tua juga jauh dan masakannya pun lain. Buka puasa pake nasu palekko, wajarlah kalo perut saya selalu bermasalah pada saat berpuasa di masa KKN, hahaahhaa. Intinya: jangan ngaku anak Sulsel kalo belum coba Nasu Palekko :')

alstrojo sedang mencangkul *masa-masa KKN

Ya, bulan Ramadhan memang selalu punya cerita spesial setiap tahunnya. Tengah malam yang biasanya kita nge-stalk orang sekarang digunakan untuk makan sahur bersama keluarga, siangnya biasa ngegosipin orang sekarang digunakan untuk ngaji, dan kerja sesuatu yang lebih positif, kemarin tiap jam ngunyah makanan terus sekarang harus puasa. Kalo menurut saya sih bulan Ramadhan itu bulan dimana kita harus lebih cooling down dibanding bulan-bulan yang lain dan menurut saya bulan Ramadhan itu bulan detoks, yaitu 1 bulan penuh kita mengeluarkan racun-racun dari tubuh dengan berpuasa. Tuhan memang Maha Penyayang.

dan.. Ramadhan kali ini juga berbeda sekali dengan yang kemarin. Sekarang, saya melewati Ramadhan dengan suasana dan orang-orang baru. Ramadhan begitu terasa karena di kantor walaupun kamu sedang berpuasa, profesionalitas itu penting, puasa tidak menghalangimu naik turun tangga, dan juga godaan lebih berat ketika mesin fax lagi ngambek, telpon ke pusat kagak pernah nyambung, kirim email ke kantor sana, tapi kantor sana bilang belum terima dan semacamnya..

Tapi, yah namanya juga memori, kadang ada beberapa adegan yang mau diulang kembali. Saya masih ingat kalo berpuasa di kampus, sorenya saya sudah mengincar warung-warung mana yang cucco' untuk buka puasa dan mengajak teman-teman. Saya juga teringat masa-masa KKN, dulu waktu ngabuburit saya lintas kabupaten dan nyasar ke poskonya Adityar di Enrekang. HAHAHA. Dan jalan pulangnya sangat menyeramkan, karena sekitar 25 menit kita harus melewati hutan yang kalem alias sepi.

Sekarang? buka puasa lebih sering dilewati di rumah bersama keluarga. Karena kalo bulan puasa, balik ke kantor lebih awal yaitu jam 3 sore. Dan tak lupa membeli makanan buka puasa dekat kantor, mau ajak teman kantor bukpus bareng, sayang hampir semua pegawai disini sudah berkeluarga (yo'i.. eke pegawai yang paling muda belia disini, ahahahha).

Suasana Ramadhan memang selalu menjadi suasana terindah dan selalu dirindukan. Ramadhan itu ibarat pacar yang lagi LDR-an.. sangat dinanti kedatangannya. Ya'.. selamat berpuasa, ntar lagi sudah mau berbuka mi.. Cihuy, asal jangan buka cokko nah.. boleh buka asal sudah adzan maghrib, hahahaa. Sekian dulu tulisan saya. Selamat ngabuburit. Wassalam.


4 komentar:

I I N mengatakan...

lebih suka dgn layout blog ta yg sekarang, apalagi headernya hihi nda tau kenapa xD

Try Juandha mengatakan...

bedami sekarang buka puasanya ibu peniti karier

Alvidha Septianingrum mengatakan...

*Iin: hahaha, saya juga merasakan hal yang demikian adik.. kayak lebih segar kurasa. HAHAHAH..

*Juan: iya odon.. berubanamo kehidupangaaa

amimomio mengatakan...

ramadhan selalu berbeda tiap tahunnya tapi selalu ada hal yang dirindukan di setiap perbedaan itu.