Sabtu, 05 Februari 2011

masak sop, hahaha!

Assalamualaikum, halouuuhaa lagi semuanya. Lagi semangat-semangatnya ma'posting ini cuy..! Soalnya blogger di laptopku sudah tidak loading lagi kayak kemarin-kemarin, huhuhu!

Dari tadi malam Makassar, my beloved city lagi disiram hujan yang terus menerus alias non stop! Saya juga diatas tempat tidur sudah seperti gogos, digulung-gulung, dobel bungkus, pake sweater, pake jaket hoodie, bungkus lagi pake bed cover, hwaaa! Semuanya nda mempan, saya curiga saya kena hipotemia (yang kayak di lagunya Gita Gutawa "hipotemia di kutub utara... hilang di samudra antartikaaa.. dan jangan kembali.. parasitt!". 

Lalu, untuk mencari kehangatan lebih (wow!) saya pun ke dapur, bukan.. bukan.. saya tidak menghangatkan diri di depan kompor, tapi.. MEMASAK! Saya lapar, yes! Hujan itu termasuk faktor eksternal yang membuat kita gampang lapar dan cepat mengantuk, maka kesimpulannya Hujan = Bikin gemuk, wakakakaka! Oke lanjut, saya cek-cek di kulkas, ada bakso ikan (oiya, dulu saya ada postingan kalo saya nda suka sama bakso toh? iyo.. kecuali bakso ikan, asal baksonya nda bulet, i mean dipotong2 dulu baksonya supaya saya nd ilfil, hahaha), terus ada kol, sawi, dll, AHA! Saya pun ada ide yang mancep.. (mantap dan cakepp), yah itung2 belajar dan latihan buat jadi istri yang baik kedepannya.. Kan bagus toh.. Kalo misalnya begini.. (ilustrasi drama mode on)..

*Suami (nda tau sapa yang jelas oke): Assalamualaikum.. Mama.. Aku sudah pulang! Hujan diluar keras sekali sayang, aku kena macet! Maaf telat pulang..
*Alstrojo: Walekumsalam papaku sayang, ah gak apa-apa Pap.. Kamu pulang ke rumah aja aku sudah senang kok! (cium tangan suami sambil cipika-cipiki)
*Suami: Mama.. Papa laper.. Mama masak gak buat aku?
*Alstrojo: Oiya dong Papa.. Hari ini aku bikin sesuatu yang spesial buat Papa!
*Suami: Apa tuh Mam? 
*Alstrojo: Sop bakso ikan, Papa... Pasti Papa kedinginan, makanya Mama bikin yang anget2..
*Suami: Kamu memang istri aku yang paling baik.. Aku sayang kamu Mama!

Deh! DRAMATISASI yang berlebihan tapi semoga akan terwujud. AAAMIN! Wahahahaha.. Sudah kebanyakan menghayal Alstrojo ini, oke.. saya kasih resepnya, semoga bisa dicoba di rumah. Idih, ini blog kenapa ji multi isi yah? Biarmi.. sharing ke sesama itu dapat pahala, wahahaha. Asal sharingnya yang bae2.

SOP BAKSO IKAN


Bahan: 
Bawang putih (kayaknya ini barang wajib di setiap masakan di?), bawang bombay, merica bubuk, garam, gula, bakso ikan , sawi, kol, air, panci, kompor, minyak sayur, bumbu penyedap, senyum ramah dan penuh cinta, serta keikhlasan yang mendalam

CARA MASAK
1. Cincang dulu. Apa yang dicincang? Bawang putih dan bawang bombay, cincang dengan penuh perasaan, jangan cincang dengan buas. BAHAYYA! Memasak itu yang penting ikhlas dan penuh perasaan, supaya enak dan disayang buah hati (eh?)

2. Tumis dong. Tumiski tadi itu bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang. Panaskan sedikit minyak sayur ke wajan, terus tumis sampe harum. Terus pas sambil numis, kasih masukki merica bubuk, dan aduk-diaduk, goyang digoyang!

3. Potong bakso dan wortel. Ini terserah mau dipotong baksonya ato nda, tapi kalo saya kupotongki karena saya trauma dengan bakso yang bentuknya bulat (saya juga trauma dengan bakso daging, makanya ada dispensasi untuk bakso ikan, apa deh?!!?!?), terus iris wortelnya. Masa ko mau kasih masuk wortel lonjong begitu ke masakan? Kelinci kapangg yang mau makan. AHAHAH!

4. Kasih masukmi irisan wortel dan bakso. Kasih masuk ke dalam wajan tadi, usahakan wajannya yang besar. Terus tumis bareng2 mi. HORE!! Dan masukkan air (kan sop! Jadinya berkuah!), pas sebelum mendidih, kasih masukki garam, gula dan bumbu penyedap. SECUKUPNYA! Rasa-rasa tommi itu sedikit, pas mi rasanya ato belum! Seben ka sotta'2 nu pajang di meja makan ternyata ASIN SEKALI atau HAMPA SEKALI... Itulah gunanya indera pengecap!

5. Kasih masukmi sawi dan kol. Tapi sudah dipotong2 yah! Sayuran daun selalu masuk belakangan, karena cepatji layu! Dak bae juga kalo sayur duluan masuk dan lama di air mendidih karena vitaminnya cepat lengser. 

Oke, kalo sudah matang, angkat! Dan kasih masuk ke mangkok sayuran! Lalu, panggilmi keluarga, teman-teman buat cobami itu masakan! ENAK NAHH! Segarki. Fiuh! Sebenarnya memasak itu enak lho! Karena campur-campur sembarang, tapi nassami rasanya harus PAS dan yang paling penting itu higienis, masa mau memasak tangan kotor2.. HUI!! Buat cewek yang mau masak, rambut diikat dulu, poni ditahan pake jepitan ato bando! Makanan bersih = makanan sehat! Right? 

Thanks to Mamah atas saran dan pendidikan masaknya selama ini, sehingga eke sudah mampu berkarya dengan masakan (endedeh.. bahasanu Alpidah! hahahaha). Iyo pale'.. Selamat mencoba! Semoga enak dan lezat.. Kalo ada resep masakan yang enak, jangan lupa share ke saya nah! Orang gendut itu jangan cuma tau makan, tapi tau masak juga! Ahahaha. Oke, makasih yoo sudah mau membaca, sekian dan wassalam :)

Tidak ada komentar: